Cerita Pasca Sidang

Sejak masuk ke tingkat akhir sebagai mahasiswa, rutinitas harian gue mulai melonggar. Yang biasanya sibuk karena tugas kuliah, mulai berubah jadi lebih santai.

Itu karena mata kuliah yang gue program hanya satu, yaitu skripsi. Skripsi juga bukan sesuatu yang harus dikerjakan setiap hari. Gue mengerjakannya hanya sesekali, kalau lagi rajin. Sementara bimbingan ke dosen, seingat gue, cuman dua kali dalam sebulan. Itu pun kalau ingat. Malah pernah kejadian, dalam satu bulan, gue gak ada bimbingan sama sekali. Bukan sebuah prestasi memang. Tapi begitulah kenyataannya.

Tugas kuliah tidak ada, skripsi angin-anginan. Itu membuat waktu kosong gue semakin banyak. Gue jadi sering gegoleran di kasur. Tiap hari bangun jam 8 pagi, bangkit dari kasurnya jam 2 siang. Percuma.

Menyadari bahwa banyak tidur itu buruk bagi masa depan, maka pada akhirnya, gue mencari kesibukan. Gue coba-coba daftar lowongan kerja di kampus. Begitu diterima, bukan berarti waktu kosong gue hilang begitu saja. Pekerjaan itu ternyata tidak terlalu padat. Namun setidaknya cukup untuk membuat gue tidak tidur terus.

Bulan demi bulan berlalu, atas izin Allah, kuliah gue kelar. Kebetulan kerjaan lagi banyak kosong. Maka dengan demikian, resmi sudah gue menjadi pengangguran sejati.

Menjadi pengangguran itu rasanya manis-manis-sepet. Manisnya dua kali, tapi apalah arti kalau ada sepet di ujung. Ibarat kayak makan pizza gratis, tapi dengan syarat harus minum jamu beras kencur dua galon. Dijamin rasa pizza tadi hilang, sekaligus usus dua belas jari kita. Asik sih gegoleran di kasur, nonton film, baca buku, jalan-jalan. Cuman kesenangan itu sirna seketika saat ditanya, “Lagi sibuk apa nih?”

Lagi sibuk apa nih, lo bilang?!

SIBUK NGABISIN BERAS KENCUR!

Sialan ya memang, orang-orang yang nanya begitu. Maksudnya mungkin baik. Menanyakan kesibukan adalah bentuk kepedulian. Tapi gue yakin, gak semua orang yang bertanya begitu benar-benar peduli. Ada yang memang mau mengintimidasi doang. Memainkan psikologis si pengangguran agar semakin tertekan, hingga malu, stres, lalu mengidap skizofrenia.

Sebagai pengangguran muda, atau dengan kata lain fresh-pengangguran, gue masih meraba-raba langkah apa yang selanjutnya musti gue ambil. Beberapa teman menyarankan tiga pilihan: 1) lanjut kuliah; 2) cari kerja; atau 3) nikah aja. Kuliah S2 jelas dicoret karena pertama biayanya mahal. Kedua, gue sudah muak sama perkuliahan! Lalu, nikah? Sama aja alasannya di biaya juga. Cuman kalau nikah modal 200 ribu itu bisa, ya hayuk aja! Kebetulan di tabungan ada 500 ribu. Dua ratus buat nikah, sisanya buat sewa kamar hotel. Tapi di zaman sekarang, emang ada orang tua yang rela anaknya dinikahin dengan modal 200 ribu?

Satu-satunya pilihan yang tersisa adalah cari kerja. Cari kerja juga gak segampang cari upil. Butuh pengorbanan juga. Gue punya seorang teman. Dia sudah sarjana sekitar enam bulan. Sudah lamar kerja sana-sini. Panggilan sana-sini buat psikotes dan wawancara. Bolak-balik naik kereta, ke Bandung, Semarang, Surabaya. Pokoknya semua dia jabanin. Tapi, sampai minggu kemarin saat kami terakhir ketemu, belum ada satu pun perusahaan yang mengangkatnya jadi pegawai.

“Kamu tahu, Us? Satu bulan ini aja, mungkin ada enam kali aku dipanggil wawancara,” ujarnya.

Gue cuman bisa senyum masam.

Ya Allah, gimana gue nanti? *minum beras kencur*

Yah, gak tahu deh. Setiap orang punya jalan masing-masing. Untuk sampai ke tahap cari kerja, gue masih punya waktu. Yang mana tentunya, waktu tersebut gue gunakan dengan tidak bijak. Hehehe. Karena gue masih menunggu wisuda dulu, baru pulang ke kampung halaman yaitu Banjarmasin, lalu mencari kerja.

Sisa waktu gue di Malang mungkin tinggal dua bulan. Tentu, waktu ini akan lebih banyak gue habiskan dengan orang-orang terdekat. Belakangan ini, gue jadi lebih sering main ke kos teman. Entah itu main PES, main catur, atau sekedar leyeh-leyeh tidak jelas.

Gue juga jadi sering main ke kontrakan Dewi. Meskipun sering kali bingung mau ngapain, tapi setidaknya kami bisa menghabiskan waktu bersama. Karena mungkin, dua bulan kemudian, ini akan menjadi hal yang langka.

Gue dan Dewi itu sangat jarang foto berdua. Tapi karena kemaren lusa kami betul-betul gak tahu mau ngapain, akhirnya kami foto-foto selfie gak jelas gitu. Berikut beberapa cuplikan fotonya.




Yah, meskipun gak jelas, tapi bagi gue ini sangat menyenangkan.

28 comments:

  1. Selamat ya us..

    Tapi, ya gitu gak asiknya.. manis-manis sepet.. siap2 aja nyari kerja yg cocok..

    Ngomong-ngomong nih ya, Dewi itu siapanya?

    Halah, pertanyaan macam apa ini.. *minum beras kencur*

    ReplyDelete
  2. Buahahanjir beras kencur aja gue lupa rasanya kayak gimana. XD

    Ada kok orang tua yang anaknya mau dinikahin dengan duit 200 ribu, tapi... ya tapi ditambah suruh berangkatin orang tuanya umroh. :(

    Btw, Dewi itu sepupu apa gimana? Ehehe.

    ReplyDelete
  3. wah sampe sibuk ngabisi beras kencur, aku mah gk doyan bang.. haha
    Semoga lancar segala urusannya, dimudahkan dalam kerjanya :)

    Btw, komen bang Dian sama Yoga pada tanyain Dewi ya ?
    cewek aja ditanyain..

    Dewi itu siapa bang ? #Ehh..

    ReplyDelete
  4. Bilang aja postingan ini tujuan sebenernya adalah pamer pacar. Jika tidak, lupakan. ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini udah kyak gaya bahasa dosen pmbimbing gk us?

      Delete
  5. Ohhh namanya Dewi. Nama lengkapnya bukan Dewi Sanca kan, us? Kalo beneran ya gak papa, tapi, kalo tidak, lupakan.

    ReplyDelete
  6. Nikmati waktu dua bulan merasakan dinginnya malang, sebelum merasai panas membara di banjar us ai :'v ya Allah aku merasa masih kurang, masih hndk ke malang. Ambili aku uss ambili.

    Ini kah uss urangnya yang semalam kita bekesah di mekdi?

    ReplyDelete
  7. Cantik ya mas Dewinya... sama2 cantik sama yang sebelumnyaaaa~

    ReplyDelete
  8. Udaaaah, nikah aja dah. Sarjana udah, tinggal kawin, punya anak. Sempurna hidup. ^__^

    ReplyDelete
  9. Cieehhhh yang sekarang pengangguran, wkwkwkwk

    Tenang dek, semua orang pernah ngerasain masa-masa itu kok. Gw juga dulu pernah, tapi cuma 2 bulan. Belum tentu juga setelah kita dapet kerja, kita cocok dengan kerjaannya. Jadi emang rejeki-rejekian.

    Yang semangat yah, yakin deh suatu saat pasti dapat.

    ReplyDelete
  10. Haha sama kayak saya dulu. Beres kuliah langsung bingung mau ngapain. Dan emang bener, di periode ini gampang banget ngerasa bingung/sensitif kalau ada orang yg nanya kesibukan kita, apalagi kalau nanti udah wisuda, Us.

    Sukses, cees. Mudah-mudahan cepet dapet kerja dan...mapan :)

    ReplyDelete
  11. Klo ada yg nanya lagi sibuk apa skarang bilang aja us, "lagi sibuk cari jodoh".
    Bdw, itu gk mabok2 mnum beras kencur, hahaha

    Oiya, bdw, skarang lagi sbuk bkin apa us? *Eh..

    ReplyDelete
  12. wahhh udah skripsi belom nih mas, btw jurusan apa si?

    ReplyDelete
  13. abis kuliah langsung mondok belajar SEO josss banget dah hehe :)

    ReplyDelete
  14. Mulus banget ya, Us. Promote pacarnya. Awalnya nyeritain soal skripsian, galau ntar kayak gimana pas lulus, ujung-ujungnya ada foto bareng pacar. Bajingak!

    Eh iya, aku setuju nih sama kalimat, "Tapi gue yakin, gak semua orang yang bertanya begitu benar-benar peduli. Ada yang memang mau mengintimidasi doang. Memainkan psikologis si pengangguran agar semakin tertekan, hingga malu, stres, lalu mengidap skizofrenia." TAPI NGGAK SAMPE SKIZOFRENIA JINGAAAAN. Eh iya bisa sampe sih kalau dipaksa buat cepat kerja trus nikah dengan biaya 200.... juta. MHUAHAHA.

    ReplyDelete
  15. Biar dikira gak jomblo ya pasang foto begituan? HAHA

    Btw, selamat menjadi fresh graduated ya. Semooga diberikan kemudahan. :)))))

    ReplyDelete
  16. Jadi mbak dewi ini yang mau dinikahin 200 ribu lalu sewa kamar hotel ?
    wkwkwkw

    Eh mbak dewinya cantik.


    Semoga cepet dapet kerjaan ya mas dauuuus

    ReplyDelete
  17. Wah, selamat ya akhirnya kelar juga urusan skripsi-ing heuheu. Yasud, dinikmatin dulu itu berdua2 sama Mbak-nya hehehe. Semoga segera dapet fine-job with fine-salary uhu.

    ReplyDelete
  18. ciee pamer pacar, ngebikin aura jomblo gue nongol aje lu -_-

    ReplyDelete
  19. Hmmm. Kerjanya jagain Dewi aja di kontrakan, jangan lupa minta gaji yang gede.

    ReplyDelete
  20. Hmmmm manis banget siiiih. Senang melihat foto terakhir xD

    ReplyDelete
  21. Kalau nikah cuma 200rb, kagak usah pake catering, dekor, foto, dan bisa pake celana jeans, aku jabanin dari jaman kuliah Us :(

    Anyway, S2 psihologi emang mahal. Tapi kalau ada uang, aku sih tetep nda kuliah sik wkwk. Eh iya, foto2 selfie berdua yang kadang dianggap gak jelas itu sebenernya memang menciptakan kebahagiaan. Apalagi kalau udah jarang ketemu..... pegangannya selain Tuhan, ya foto2 seru itu :D

    ReplyDelete
  22. Uwwwooh pacar baru euy.

    Awalnya bahas biaya nikah, di penutupnya foto berduaan sama pacar.
    APAKAH INI PERTANDA??

    ReplyDelete
  23. Ceritanya hampir sama saat saya masih kuliah dulu.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.