Superman Milenial

Tahun 2016 yang lalu, saya pernah membuat tulisan berjudul ‘Tak Sekuat Superman’. Tulisan itu bercerita tentang saya yang ‘dipecundangi’ oleh teman istri saya. Hanya karena nggak berani ganti bohlam lampu.

Pada tahun itu, saya masih kuliah. Belum punya pengalaman apa-apa soal kehidupan yang fana ini. Bisa dibilang masih noob untuk urusan rumah tangga.

Saya juga sadar kalau dulu nggak bisa apa-apa. Karena kerjaan saya cuman kuliah dan main-main. Pakaian aja ngelaundry. Makanan juga beli. Sungguh kehidupan yang sangat sia-sia. Sampai pada suatu waktu, saya terbayang, gimana ya entar pas jadi suami? Bisa nggak ya?

Dalam pikiran saya dulu, suami itu harus serba bisa kayak Superman. Mulai dari hal remeh sampai yang rumit. Misal kayak bersih-bersih rumah, bisa. Ngurusin pajak motor, bisa. Perbaiki kran bocor, genteng rubuh, aspal koyak, suami harus bisa semua.

Nah, jangankan perbaiki aspal koyak, saya ganti bohlam aja gemeteran.

Eh tapi ternyata, setelah menikah lalu dijalani, bisa-bisa aja kok.

Cumaaaan… bedanya, sekarang serba instan.

Dulu, bapak-bapak kita sangat multi-talenta. Kenapa? Karena kalau nggak dikerjain sendiri nggak bakal jadi.

Sekarang semua serba mudah. Bingung dikit tanya Google. Masih bingung, liat YouTube. Masih nggak ngerti, tinggal cari orang yang bisa, terus bayar. E-Z!

Malah pada kenyataannya, justru istri saya yang lebih multi-talenta. Beneran dah. Untuk urusan tukang-menukang, dia jago banget. Nggak tau belajar dari mana.

Baru-baru ini, setelah dia resign dari kantor, dia mau fokus ngurus rumah. Mulai ngerapiin dan ngedekor rumah yang mulai membosankan. Lalu, pada suatu hari dia minta temenin saya ke toko bangungan. Lah ngapain? Saya bingung. Katanya mau beli cat semprot buat ngewarnain kompor. Saya makin bingung, buat apa kompor diwarnain segala. Ya udah saya iyakan aja daripada saya yang disemprot.

Minggu pagi ke toko bangunan, lalu malamnya saya pergi ke rumah orang tua saya sebentar. Pas pulang, kok rumah jadi bau cat begini. Eh ternyata dia abis ngecat kompor sendiri. Gokil.

Dek, kayaknya kamu cocok deh kerja di Never Too Lavish,’ kata saya.

Pernah juga dia beli rak kayu untuk dapur. Tingginya semeter lebih dan cukup berat. Ketika pulang kantor, saya kaget tau-tau udah jadi itu lemari. Ternyata dia sendiri yang merakit sampai jadi. Di momen-momen seperti itulah saya merasa sangat feminim.

Yaaah.. Meskipun begitu, saya juga banyak belajar. Sekarang, saya sudah berani ganti bohlam. Tidak akan ada yang bisa mempecundangi saya lagi. Terima kasih, tongkat pengganti bohlam!

3 comments:

  1. Kalau mengganti bohlam dan bersih-bersih rumah, saya nggak begitu kuatir. Bukan sombong atau apa ya, karena insyaallah saya bisa *haseeek. Yang bikin insecure adalah, kalau suruh manjat-manjat genteng dan urusan pertukangan lainnya. Jujur, pol-polan cuma bisa mukulin paku pakai martil doang xD

    ReplyDelete
  2. saya di awal udah bisa ketawa bangga karena urusan ganti bohlam ini udah bisa saya lakukan sejak masih kelas 4 SD. Malah pernah ganti bohlam yang gak ada tangga yang nyampe. karena badan saya kecil, tangganya diangkat dan ditahan ama empat orang dna saya yang disuruh naikin itu tangga yg diangkat. berhasil.

    tapi ketika mendengar skill ngecat kompor dan masang rak kayu di dinding, minder sayaaa. skillnya belom dapat, kudu farming di mana ini...

    ReplyDelete
  3. Jadi wejangan buat aku nih kalo nanti jadi suami. Jadi mulai sekarang belajar bikin furniture ahhh... Kali aja nanti bisa bikin rumah ngerakit sendiri. Kaya istrinya wkwkwk...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.